Buka Pelatihan Pamsimas, Kepala DPMDPPKBPPPA Barru: Program Ini Dinikmati 32 Ribu Jiwa

    Buka Pelatihan Pamsimas, Kepala DPMDPPKBPPPA Barru: Program Ini Dinikmati 32 Ribu Jiwa

    BARRU - Kepala Dinas PMDPPKBPPPA Kabupaten Barru, Drs. Jamaluddin S.Sos. MH., mewakili Sekda Barru membuka kegiatan pelatihan Pamsimas dengan tema" Kerja Sama Desa Untuk Kegiatan Air Minum & Sanitasi", bagi Pemerintah Desa dan Kecamatan, Kabupaten Barru, Provinsi Sulawesi Selatan T. A 2021, yang akan berlangsung dari tanggal 15 sampai 18 September 2021 mendatang.

    Pelatihan ini dihadiri perwakilan dari 22 Desa di tujuh Kecamatan sekabupaten Barru, diaula Hotel Yutefa Kelurahan Coppo, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru, pada Rabu (15/9/2021).

    Dalam sambutannya, Jamaluddin yang didampingi Andi Agus Gengkeng menjelaskan, program Pansimas merupakan salah satu upaya dalam mendukung pencapaian target 100% akses air minum dan 100 % akses sanitasi yang layak di wilayah perdesaan pada akhir tahun 2021.

    Secara nasional menurut Jamaluddin, capaian akses air minum layak sampai akhir tahun 2021 adalah sebesar 81, 55 %, sementara data capaian di Barru sampai saat ini untuk akses akses air minum layak sebesar 89 % dan sanitasi sebesar 100 %, sehingga diperlukan strategi kerja dan kerja sama yang baik dari berbagai pihak untuk menjawab tantangan agar 100 % semua masyarakat mendapatkan akses air minum dan sanitasi serta bagaimana sarana dan prasarana yang sudah terbangun bisa berkelanjutan. 

    "Terkait dengan kewenangan lokal berskala desa, desa mempunyai kewenangan penuh untuk mengatur dan mengurus desanya sesuai kebutuhan yang mendasar dan prioritas yang diputuskan dalam Musdes, salah satunya adalah menyangkut kebutuhan dasar terhadap ketersediaan air minum dan sanitasi sehat bagi masyarakat di desa", terangnya.

    Dengan dasar ini kata dia, diharapkan Pemdes dapat mewujudkan target 100 persen akses air minum dan sanitasi yang dilakukan melalui mekanisme perencanaan dan penganggaran desa.

    "Sampai akhir tahun 2021 program Pamsimas di Barru telah menjangkau sebanyak 34 desa yang tersebar di 7 kecamatan dan hasil programnya telah dinikmati oleh 32 ribu jiwa. Dari tahun ke tahun jumlah sarana air minum dan sanitasi SAMS yang dibangun melalui program Pansimas terus bertambah dan pengelolaannya diserahkan kepada KSPAMS (Kelompok Pengelola Sistem Penyediaan Air Minum dan Sanitasi), " pungkas Jamaluddin.

    (Red)

    Sulsel Barru
    Muh. Ahkam Jayadi

    Muh. Ahkam Jayadi

    Artikel Sebelumnya

    Cerita Pengalaman Jadi TKI Sambil Minum...

    Artikel Berikutnya

    Kombes Pol E. Zulpan: Jajaran Polda Sulsel...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Polri TV: Transparan - Informatif - Terpercaya
    PERS.CO.ID: Cara Baru Bermedia!
    BAIN HAM RI Apresiasi Polres Barru Gagalkan Peredaran Narkoba 30 Kg Sabu
    Sejarah Penyebaran Islam Pertama kali di Pulau Samosir Sumatera Utara
    Asri Tadda: Bagaimana Gerakan Perubahan Usai Pilpres?

    Ikuti Kami