Jadi Ikon Baru di Barru, Mesjid Raya Kado Terbaik Akhir Masa Jabatan Suardi Saleh

    Jadi Ikon Baru di Barru, Mesjid Raya Kado Terbaik Akhir Masa Jabatan Suardi Saleh
    Gambar Animasi Perencanaan Mesjid Raya Barru

    BARRU - Masa jabatan Bupati Barru dua periode Dr. (H.C) Ir. H. Suardi Saleh, M.Si, akan segera berakhir. Dipenghujung masa jabatannya, Bupati yang dikenal Pemimpin Tanpa Sekat itu, mempersembahkan kado terbaik untuk masyarakat Barru.

    Kado terbaik itu adalah sebuah mesjid raya nan megah yang dibangun senilai Rp 25 miliar, di Lasinri, Kelurahan Coppo, Kecamatan Barru, kota Barru.

    Ide membangun masjid raya tidak sembarangan. Lokasinya pun benar-benar strategis. Seperti masjid raya Barru dibangun di ujung Selatan kota Barru gerbangnya mengarah jalan trans Sulawesi. Masjid ini menjadi ikon baru untuk Barru.

    Proyek untuk kemasalahatan umat ini, dibangun di atas lahan seluas 18.120 m⊃2; dengan kapasitas mencapai 6.704 jamaah. Selain ruang utama untuk shalat, masjid ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung seperti taman, area parkir yang luas, serta menara setinggi 30 meter.

    Desain masjid raya Barru ini, demikian diungkapkan Bupati Barru, tentu dirancang jangka Panjang dengan memberi kenyamanan kepada warga. Rancangan sangat modern tapi lebih diutamakan bagaimana masjid raya ini benar-benar dimanfaatkan dengan baik.

    ‘’Masjid ini dibangun untuk memenuhi berbagai kebutuhan umat, ‘’ujarnya.

    Secara khusus Suadi Saleh, sangat intens melakukan kunjungan ke Lokasi proyek pembangunan masjid raya ini. Bupati Barru dua periode ini ingin memastikan progress pembangunannya secara detil sesuai dengan perencanaan awal.

    Pembangunan masjid raya ini diperkirakan rampung hingga akhir tahun 2024. Bangunan masjid seluas 45 x 45 meter ini, sudah dinanti warga. Masjid tidak hanya megah, tapi dipastikan menawarkan banyak fasilitas untuk kebutuhan umat muslim di Barru. Selain sarana ibadah juga ada beberapa tempat istirahat imam masjid dan pegawai syara.

    Masjid ini dirancang sangat elegan dengan referensi desainnya mengikuti gaya masjid Nabawi kota suci Madina Arab Saudi dan beberapa masjid ternama di negara-negara Islam seperti di Istambul. Warga menyambut baik pembangunan masjid ini dan beraharap sudah bisa menikmati masjid ini di akhir tahun 2024 dan juga saat memasuki bulan Ramadhan awal tahun 2025 mendatang.

    Posisi strategis masjid raya ini memberi warna baru bagi kabupaten yang dikenal kota santri ini. Dari arah selatan jalan trans Sulawesi pandangan langsung tertuju ke masjid megah ini. Hal yang sama dari utara masjid ini akan tampak lebih indah. Area parker yang lapang, menjadi bagian penting memberi rasa nyaman bagi warga yang akan singgah beribadah di masjid raya baru ini.

    Umat Islam di Barru menanti keberadaan masjid raya ini, tak hanya itu, keberadaan masjid ini juga berdampak bagi kegiatan Pendidikan islam di Barru. Demikian pula bagi warga yang melintas juga disiapkan lahan parkir yang luas dan nyaman, sehingga areal parker ini juga sekaligus berfungsi sebagai rest area.

    barru sulsel
    Muh. Ahkam Jayadi

    Muh. Ahkam Jayadi

    Artikel Sebelumnya

    Hadiri semarak Hari Jadi Deloteng Ke-64,...

    Artikel Berikutnya

    Kepala Badan Kesbangpol Barru Jadi Inspektur...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Kampanye di Lembae, Paslon No 3 Andi Ina-Abustan Sampaikan Program Prioritas
    Tekan Angka Stunting, Lanud Sultan Hasanuddin Gelar Gebyar Gizi dan Keluarga Sehat
    Kampanye Calon Bupati Araska di Padati Ribuan Warga Bottoe. Aras: Kami Memiliki Komitmen Tinggi Merealisasikan Ide dan Gagasan Kepada Masyarakat
    Bupati Barru Apresiasi PB Maninring Laksanakan Kejuaraan Bulutangkis 
    Ketua Umum Bhayangkari Kunjungi Aiptu Heri dan Anaknya yang Terbaring Sakit

    Ikuti Kami