Sekda Barru Ikuti Rakor Penyederhanaan Birokrasi Secara Virtual

    Sekda Barru Ikuti Rakor Penyederhanaan Birokrasi Secara Virtual

    BARRU - Mewakili Bupati Barru, Sekretaris Daerah (Sekda) Barru Dr. Ir. Abustan, M.Si., mengikuti rapat koordinasi (Rakor) Penyederhanaan Birokrasi dengan Digitalisasi, secara virtual di Barru Smart Information Centre (Basic), Kantor Bupati Barru, Selasa (12/9/2021).

    Rapat koordinasi ini dibuka oleh Rini Widyantini, SH, MPM Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana KemanPAN RB, diikuti oleh Kabupaten/Kota di Delapan Provinsi yaitu Sulsel, Sulteng, Sulbar, Sulut, Jawa Timur, Maluku, Maluku Utara dan Gorontalo.

    Dalam sambutannya, Rini Widyantini mewakili Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) menyampaikan bahwa Rapat ini adalah koordinasi bidang kelembagaan dan tata laksana dalam sistem kerja pada instansi pemerintah untuk penyederhanaan birokrasi.

    Acara ini berdasar pada lima program prioritas Kerja Presiden Jokowi-Ma'ruf Amin Tahun 2019-2024 yaitu Pembagunan SDM, Pembangunan Infastruktur, Simplifikasi Regulasi, Penyederhanaan Birokrasi dan Transformasi Ekonomi.

    Dikatakan, penyederhanaan birokrasi, meliputi transformasi organisasi yaitu penyederhanaan struktur organisasi, transformasi sistem kerja meliputi mekanisme kerja birokrasi yang berorientasi pada percepatan pengambilan keputusan dan penebangan Sistem kerja berbasis digital. 

    "Transformasi SDM aparatur meliputi pengalihan pejabat administrasi yang unit organisasinya dirampingkan menjadi pejabat fungsional yang bersesuaian, pengembangan jabatan fungsional dan penyebaran penghasilan", jelasnya. 

    Lebih lanjut Rini Widyantini  menyampaikan era digitalisasi saat ini, sistem pemerintahan harus berbasis elektronik sesuai Pepres Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

    "Untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya diperlukan sistem pemerintahan berbasis elektronik.", tandasnya. 

    Ikut hadir dalam acara ini, Asisten Ekonomi Pembagunan Abdul Rahim, S.IP, M.Si, Kadis Kominsta Syamsuddin, S.IP, M.Si, Kepala BKPSDM Ir. Nasruddin, M.AP, Kabag Organisasi Setda, Syafaruddin Tajuddin, Kabid TIK Diskominsta Ratih Nur Octavia, S.STP

    (Red/Humas Barru)

    Muh. Ahkam Jayadi

    Muh. Ahkam Jayadi

    Artikel Sebelumnya

    Kabidhumas Polda Sulsel: Masyarakat Jangan...

    Artikel Berikutnya

    Anggota DPR RI Hasnah Syam Minta Kaltim...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Polri TV: Transparan - Informatif - Terpercaya
    PERS.CO.ID: Cara Baru Bermedia!
    Rapat Bamus Bergeser Suasana Masih Masa Cuti Bersama, Papar Ketua DPRD Barru
    Ketua DPRD: Jaga Persatuan Kesatuan, Beda Itu Pilihan Bukan Berarti Beda Arah
    Senantiasa Utamakan Kepentingan Negara dan Masyarakat, Harap Ketua DPRD

    Ikuti Kami